Animasi untuk Corporate Training, Pilihan Efektif

Seperti yang kita ketahui, kini animasi tidak hanya digunakan untuk hiburan, namun juga animasi digunakan sebagai media untuk branding bisnis. Selain itu, animasi juga digunakan sebagai media pembelajaran atau e-learning (Bagaimana Penggunaan Animasi dalam E-Learning), terutama untuk anak-anak yang seperi kita ketahui, lebih mudah tertarik dengan tampilan visual yang memanjakan mata. Tidak hanya itu, animasi juga kini menjadi pilihan yang efektif untuk corporate training. Sudah banyak lembaga, istitusi, hingga perusahaan yang memilih animasi sebagai sarana untuk training. Berikut ini beberapa sebab kenapa animasi menjadi pilihan yang efektif untuk corporate training menurut eLearning Industry.

  1. Meningkatkan motivasi dan engagement

Salah satu alasan kenapa animasi menjadi pilihan yang efektif untuk corporate training ialah karena animasi dapat meningkatkan motivasi belajar (Animasi Meningkatkan Motivasi Belajar, Bagaimana Caranya?) Ternyata, selain motivasi belajar audience, penggunaan animasi juga dapat meningkatkan engagement dari training itu sendiri. Penggunaan animasi untuk corporate training dapat meningkatkan motivasi dan engagement karena beberapa alasan diantaranya:

  • Menciptakan suasana dan atmosfer baru dalam belajar

Storytelling merupakan salah satu cara yang powerful untuk membangun emosi audience. Dengan emosi yang terbentuk dapat menghasilkan suasana atau atmosfer tertentu terhadap suatu tampilan atau tayangan. Animasi memiliki kekuatan storytelling dalam bentuk visual. Ini membuatnya menjadi tools yang efektif untuk menciptakan suasana dalam belajar/training. Audience dibuat supaya merasa enjoy, relatable, dan tertarik untuk menyelesaikan training hingga akhir.

  • Mempersingkat waktu belajar

Corporate training tentu saja diikuti oleh karyawan dari perusahaan yang mengadakan training. Perlu kita ingat, seorang karyawan memiliki waktu yang terbatas. Bagi mereka, waktu adalah uang. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan durasi waktu training. Training yang memakan waktu terlalu lama dapat berpotensi menyebabkan karyawan merasa bosan atau bahkan lelah, karena energi mereka sudah terkuras habis ketika bekerja. Durasi training yang singkat tentunya akan lebih efektif untuk mereka.

Animasi dapat menjadi solusi untuk durasi training yang singkat, dengan tetap memperhatikan objektif dari training. Durasi yang lebih singkat memungkinkan engagement taining lebih tinggi, dan juga dapat menekan budget yang dikeluarkan perusahaan.

  • Menggunakan jenis atau style yang tepat

Menggunakan jenis atau style yang tepat merupakan alasan lain kenapa animasi dapat meningkatkan motivasi belajar dan engagement. Berbagai style atau teknik animasi yang cocok untuk video e-learning (4 Teknik atau Gaya Animasi yang Cocok Untuk Video E-Learning) seperti motion graphics, 2D, 3D, dan whiteboard animation memiliki peran yang signifikan jika dipilih dengan tepat sesuai dengan topik dan konsep dari training.

  1. Memfasilitasi berbagai teori dalam belajar

Perlu kita ketahui, dengan tampilannya yang eye-catching, animasi tidak hanya mampu men-support pembelajaran untuk anak-anak, namun juga dapat menjelaskan berbagai teori-teori dalam belajar yang biasanya ada dalam materi pembelajaran untuk orang dewasa, dalam hal ini karyawan perusahaan. Orang dewasa tentunya memiliki cara belajar yang berbeda dengan anak kecil. Mereka cenderung tidak terpengaruh oleh motivasi eksternal dan didorong oleh motif internal seperti kebutuhan akan skill dan pengetahuan baru. Animasi dapat memfasilitasi hal tersebut dengan baik.

  1. Menyederhanakan infomasi kompleks

Berbagai teori, konsep, informasi, ataupun data statistik, banyak terkandung dalam corporate training. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, animasi dapat memfasilitasi hal tersebut dengan baik. Tidak hanya itu, dengan tampilan visual dan penyampainan yang komunikatif, animasi juga dapat menyederhanakan hal-hal tersebut menjadi lebih simple dan mudah dipahami sehingga audience tidak teralu banyak memakan waktu dalam memahami materi training atau bahkan merasa bosan dan akhirnya meninggalkan training, karena sebagai karyawan, tentunya mereka memiliki waktu yang terbatas.

  1. Menawarkan kemudahan penerapan

Animasi dapat menampilkan, merepresentasikan, atau memperagakan kembali hal yang tidak dapat dijelaskan dengan baik menggunakan kata-kata. Animasi mendemostrasikan bagaimana cara menerapkan apa yang dijelaskan kepada audience. Dengan animasi, bagaimana informasi atau pembelajaran dalam materi training dapat diterapkan dalam kehidupan nyata terangkum dengan sempurna sehingga memudahkan audience dalam pengaplikasiannya.

Itulah beberapa alasan mengapa animasi merupakan pilihan yang tepat dan efektif untuk corporate training. Apabila anda masih bingung dan bertanya-tanya mengenai bagaimana penggunaan animasi untuk corporate training, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendiskusikan jenis animasi apa yang cocok untuk corporate training di perusahaan anda. Kami, Inside Production siap membantu memfasilitasi berbagai kebutuhan animasi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *